GEREJA MISI DAN GEREJA DOA

Minggu, 02 Desember 2012

KETELADANAN


        Keteladanan yang di maksud dalam kamus besar bahasa Indonesia adalah sesuatu yang patut kita               tiru (perbuatan) atau berani di depan sebagai contoh. Menjadi teladan bearti sesuatu yang dapat ditiru dan memberi pengaruh yang baik bagi orang lain dan positif. Apa yang harus kita  teladani dari ketiga orang ini yaitu Stefanus, Fortunatus dan Akhaikus ( 1 Kor 16:15-18 ):
      1. Pertobatannya
  Keluarga Stefanus adalah keluarga yang pertama kali bertobat dan menerima Yesus di Akhaya kemudian di baptis oleh Paulus. Kata bertobat dalam bahasa Yunani adalah “metanoia” yang bearti pikiran, prilaku dan sikap kita diubah sehingga kita mencerminkan pribadi Kristus. Jadi keluarga Stefanus adalah yang pertama kali bertobat sehingga menjadi teladan atau contoh bagi orang lain demikian juga kita sebagai  orang percaya harus menjadi Contoh di mana pun kita berada, baik di dalam pekerjaan, pergaulan dan di mana pun kita berada, hal inilah yang di hendaki oleh Tuhan Allah.
2. Pengabdiannya
  Mereka telah mengabdikan diri kepada orang-orang kudus (orang percaya). Mengabdi artinya menganggap orang lain lebih penting atau melalukan segala sesuatu dengan ketulusan bukan dengan sungutan (Filipi 2:14).
3. Selalu bekerja dan berjerih-payah
   Keluarga Stefanus adalah keluarga yang bekerja demikian juga dengan kita, ketika kita bekerja dengan berjerih-payah pasti ada hasilnya atau mendapat upah (1 Kor. 3:8). Bukan hanya kita mendapat upah tapi juga setiap pekerjaan kita akan diperhitungkan oleh Tuhan (Mzm. 126:5-6).
4. Melengkapi apa yang masih kurang
   Artinya apa yang kurang pada Paulus akan di perlengkapi oleh jemaat yang ada di Korintus Yaitu Stefanus, Fortunatus dan Akhaikus. Demikan juga kita sebagai anak Tuhan yaitu hidup saling melengakpi atau menutupi kekurangan orang lain atau saudara seiman kita.
5. Memberi kesegaran
   Kehidupan kita sebagai anak Tuhan yaitu menyegarkan orang lain atau memberi kedamaian disekitar kita. Setiap orang membutuh penyegaran, jadi kita sebagai anak Tuhanlah sebagai penyegar kepada orang lain atau disekeliling kita. Jadi yang harus kita lakukan sebagai anak Tuhan adalah:
  1. Menjadi teladan (1 Tim 4:12)
  2. Saling menghormati (Roma 12:10)
Ketika kita melakukan dua hal ini maka tercipta kerukunan, keharmonisan, kedamaian disekeliling kita dan juga kehidupan kita membawa dampak positif bagi orang lain. AMIN.....!!!!!

Khotbah : Pdt. Abraham Han
By May andreanus

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar