GEREJA MISI DAN GEREJA DOA

Minggu, 02 Desember 2012

IMAN ITU APA?


     Iman adalah dasar dan bukti yang tidak kita lihat tapi harapan itu pasti terjadi (Ibrani 11:1). Dan, iman juga ada di dalam firman Tuhan sehingga kita mempunyai dasar dan bukti sehingga Roh kudus bekerja lewat iman kita.
1. Iman harus berdiri diatas Firman Tuhan.
    Jadi, iman timbul dari pendengaran, dan pendengaran oleh firman Kristus (Roma 10 17). Ketika kita mendengar, membaca dan merenungakan Firman Tuhan maka iman kita timbul. Dan juga kita memegang Firman Tuhan dengan iman kita menjadi teguh maka ada mujizat dan berkat yang berlimpah-limpah. Melalui kuasa Roh kudus juga kita menperoleh janji-janji Firman Tuhan yaitu kita mempunyai masa  depan  yang  baik  (Yosua 1:8).
2. Iman dan perasaan itu berbeda.
     Perasaan itu dimensi ke tiga sedangkan iman dimensi ke empat, sehingga melalui iman kita percaya bahwa Allah itu ada. Dan melalui iman, kita memiliki mimpi, percaya, berpikir dan memperkatakan walaupun belum kelihatan tapi ketika kita memperkatakan dengan iman maka hal itu akan terjadi (Roma 4:17:22).
3. Iman harus memfokuskan keadaan yang terjadi.
    Walaupun ada situasi yang sulit dalam kehidupan kita tapi saat kita memfokuskan diri kepada Tuhan maka situasi yang sulit diubah menjadi situasi yang baik karena Tuhan Yesus adalah Allah yang baik. Hati yang fokus maka ada janji-janji Firman Tuhan sehingga iman kita bertumbuh di dalam Tuhan.  
4. Iman harus ada keputusan.
  Saat kita mengambil keputusan untuk menghadapi setiap permasalahan yang terjadi, bearti kita menyerahkan semua beban masalah kita kepada Tuhan dan jangan melihat situasi lagi karena keputusan yang kita ambil dapat mengubah hidup kita.
5. Iman harus berbicara dengan berani.
    Ibrani 11:6 menyatakan; Tetapi tanpa iman tidak mungkin orang berkenan kepada Allah. Sebab barangsiapa berpaling kepada Allah, ia harus percaya bahwa Allah ada, dan bahwa Allah memberi upah kepada orang yang sungguh-sungguh mencari Dia. Walaupun ada kegagalan dalam hati tapi dengan iman, kita berani mengambil resiko dalam hati dan percaya kepada Tuhan maka ada sukacita terjadi karena Tuhan turut bekerja mendatangkan kebaikan bagi siapa yang mengasihi Dia. Amin......!!!

 Khotbah : Pdt. Abraham Han
By May andreanus


Tidak ada komentar:

Posting Komentar