GEREJA MISI DAN GEREJA DOA

Minggu, 02 Desember 2012

PERTOLONGAN DARI MANA


     Kita hidup di dunia ini banyak pertolongan, baik dari orang tua maupun di sekitar kita. Tapi waktu kita mengalami kesulitan mungkin tidak ada pertolongan, tapi hanya ada satu pertolongan kita yaitu dari Tuhan (Mazmur 121:1-2).
 Untuk kita maju kepada Tuhan ada beberapa kondisi: 
       1.  Kita harus melihat kondisi.
    Untuk mendapat pertolongan dari Tuhan, kita tidah boleh melihat gunung yaitu masalah, tapi kita hanya memandang kepada Tuhan. Misalnya sepuluh pengintai hanya melihat situasi sehingga mereka mengalami keputus-asaan dan kekuatiran (Bilangan 13:31-33).
     Ada beberapa penyebab kita tidak boleh kuatir:
       1. Kekuatiran tidak ada gunanya (Matius 6:27).
       2. Kekuatiran datang karena tidak percaya kepada Tuhan (Matius 6:31-32).
       3.Tuhan serta dengan kita sehingga kita tidak kuatir (Matius 10:20).
       4. Kekuatiran dunia tidak menghasilkan buah (Matius 13:22).
          Jadi kita harus menyerahkan kekuatiran kita kepada Tuhan maka Tuhan mengerjakan hal yang tidak baik menjadi hal yang baik (Roma 6:28).
       2. Kita harus memandang Tuhan dalam hati kita.
          Waktu kita diperhadapkan dengan situasi, ada pilihan dalam hati yaitu kita melihat situasi atau memandang Tuhan. Kita sebagai orang percaya kita harus memandang Tuhan, jangan memandang situasi yang ada di sekeliling kita (Mazmur 121:1-2). Di mana ada kesulitan yang besar tapi kita yang ada di dalam Kristus Yesus, kita mendapat kekuatan yang baru untuk mengatasi kesulitan yang ada.
       3. Kita memandang Tuhan maka Roh kudus datang dan memberi perubahan yang besar.
          Roh kudus datang mengubah yang gelap menjadi terang. Dan juga, Roh kudus mengubah pola pikir yang negatif sehingga kita berpikir dengan positif aktif, dan hidup dalam kebenaran. Roma 8:5-6 menyatakan, Sebab mereka yang hidup menurut daging, memikirkan hal-hal yang dari daging; mereka yang hidup menurut Roh, memikirkan hal-hal yang dari Roh. Karena keinginan daging adalah maut, tetapi keinginan Roh adalah hidup dan damai sejahtera. Jadi kita yang selalu mengandalkan Tuhan di dalam situasi maka Tuhan selalu ada disisi kita sehingga kita menjadi orang pemenang di dalam Tuhan Yesus.  AMIN...!!!!!

Khotbah : Pdt. Abraham Han
By May andreanus



Tidak ada komentar:

Posting Komentar