GEREJA MISI DAN GEREJA DOA

Minggu, 02 Desember 2012

PERSEMBAHAN KAIN DAN PERSEMBAHAN HABEL


         Tuhan menempatkan Adam dan  Hawa di taman Eden kemudian Tuhan berkata kepada mereka jangan makan buah pengetahuan yang baik dan yang jahat tetapi mereka memakan buah itu, sehingga mereka jatuh dalam dosa. Dosa yang mereka perbuat mendatangkan maut tetapi melalui darah anak domba dosa Adam dan Hawa di tutupi.
         Adam  dan Hawa mempunyai dua orang anak yaitu Kain dan Habel. Kain hidup sebagai petani sedangkan Habel hidup sebagai gembala domba. Kain mempersembahkan hasil pekerjaannya berupa buah-buahan dan persembahannya tidak di terima oleh Tuhan, sedangkan Habel persembahannya berupa bintang dan persembahannya di terima oleh Tuhan karena mengandung darah ( Kejadian 4:2-5 ). Perbedaan persembahan Kain dan Habel adalah Kain mempersembahkan dengan keinginannya sendiri, sedangkan Habel mempersembahkan dengan anak domba atau penumpahan darah yaitu darah Tuhan Yesus. Dan persembahan Habel ini juga berupa persembahan iman dan ketaatan.
            Di dalam perjanjian lama bangsa Israel mepersembahkan korban antara lain:
  1. Korban penghapusan dosa yaitu untuk menghapus dosa nenek moyang melalui penumpahan darah anak domba.
  2. Korban penebusan salah yaitu untuk menghapus dosa kita sendiri atau pelanggaran kita.
  3. Korban bakaran yaitu untuk menyenangkan hati Tuhan.
Tuhan Yesus datang untuk menyempurnakan persembahan Habel sebagai korban penghapusan dosa, korban penebusan salah dan korban bakaran karena Dia sangat mengasihi kita semua. Dan juga Tuhan Yesus datang sebagai jembatan bagi kita semua supaya kita bisa bersekutu dengan Allah Bapa                                ( Roma 5:10 ).
Tanpa penumpahan darah kita tidak memiliki pengharapan karena melalui darah Tuhan Yesus ada:
  1. Penghapusan dosa ( Ibrani 9:22 ).
  2. Keharmonisan dan damai sejahtera (Roma 5:1).
  3. Kehidupan kekal (Yohanes 6:47-48).
Tuhan Yesus menghapus dosa masa lampau kita dan dosa sekarang kita untuk selama-lamanya bahkan Dia tidak mengingatkannya sehingga kita hidup dalam kebenaran. Tuhan Yesus memberi tubuh dan darah-Nya untuk kita semua sehingga kita bisa menikmati anugerah sorga, berkat roh dan jiwa, berkat kesehatan dan berkat sukacita. Jadi ketika kita datang kepada Tuhan Yesus maka Dia menerima kita untuk selama-lamanya. Karena itu marilah kita hidup bersama-sama dengan Allah di sorga. AMIN.....!!!!!

Khotbah : Pdt. Abraham Han
By May andreansu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar